Kamis, 02 Februari 2017

Penyebap Not Responding dan Cara Mengatasinya

saya kali ini akan membuat artikel tentang "Penyebap Not Responding dan Cara Mengatasinya" Laptop dan Komputer memang sekarang ini sangat penting untuk sekolah, kuliah dan kerja, tentunya membutuhkan laptop yang sehat dan terhindar dari error, apalagi jika laptop/pc eror pada saat kerjaan numpuk sangat setres tentunya. dikarenakan oleh berbagai faktor terkadang laptop juga mengalami kerusakan yaitu salah satunya adalah laptop yang mengalami not responding. Not responding berbeda dengan hang atau macet. Sebab hang merupakan kondisi laptop berhenti secara total dan tidak bisa digunakan sama sekali.

Sedangkan untuk not responding sendiri merupakan kondisi dimana ada satu aplikasi pada laptop yang tidak merespon berbagai perintah yang diberika kepada pengguna. Yang menjadi perbedaan yang sangat signifikan antara hang dan not responding adalah jika laptop/pc mengalami not responding biasanya aplikasi yang kita buka akan buram ada tulisan not responding dan tidak bisa dioprasikan.

1. Aplikasi yang Terlalu Berat
penyebab laptop sering not responding adalah laptop sering digunakan untuk membuka aplikasi yang berat, sehingga memberatkan pekerjaan dari laptop anda. Terlalu besar atau tidaknya sebuah aplikasi bisa anda bandingkan dengan spesifikasi hardware yang ada pada laptop anda. Mulai dari ukuran hard disk dan juga ukuran RAM akan sangat menentukan tentang kelancaran dari aplikasi yang anda jalankan.  Sebagai contoh adnda menjalankan aplikasi yang seharusnya menggunakan RAM minimal 4GB namun anda buka dengan laptop yang hanya memiliki ukuran RAM sebesar 2GB saja tentu akan membuat laptop tidak merespon dan langsung not responding.

2. Terlalu Banyak Aplikasi yang Terinstal
Menginstal aplikasi tanpa mempertimbangkan terlebih dahulu apakah penting atau tidak, juga menjadi satu  hal yang sangat merugikan bagi anda, sebab laptop akan menjadi lebih berat dan tidak bisa bergerak sesuai dengan apa yang seharusnya dilakukan oleh laptop. kecuali laptop anda mempunyai sepesifikasi hardware yang memadai untuk di instal aplikasi yang banyak, Meskipun Anda hanya menggunakan satu aplikasi saja namun sistem pada komputer akan memproses semua aplikasi yang ada pada sistem atau pada laptop anda. Sehingga semakin banyak aplikasi yang anda install maka akan semakin banyak juga aplikasi yang akan memproses oleh laptop. Hal ini tentu saja jika dibiarkan akan membuat kinerja laptop menjadi lebih berat dan bisa mengurangi kapasitas yang ada pada harddisk. Hal inilah yang nantinya juga akan membuat laptop menjadi susah untuk menjalankan aplikasi dan hal ini yang menjadi penyebab laptop sering not responding.

3. Tampilan Komputer yang Berlebihan.
Untuk membuat anda betah dihadapan laptop memang biasanya anda akan membuat tampilan pada laptop menjadi semenarik mungkin dengan menambahkan berbagai tampilan pada layar laptop. Berbagai hal bisa saja dilakukan untuk membuat tampilan pada laptop menjadi lebih menarik yaitu seperti menambah gadget, menggunakan shortcut aplikasi yang terlalu banyak atau bahkan juga menambahkan skinpack yang bertujuan untuk membuat tampilan menjadi lebih cantik dan  lebih menarik lagi. Hal ini juga bisa menjadi salah satu penyebab kenapa anda akan mendapatkan laptop yang menjadi berat. Tampilan layar pada laptop juga akan mempengaruhi kapasitas RAM yang ada pada laptop anda sehingga jika anda menggunakan begitu banyak tampilan layar juga akan menyita ruang RAM yang ada pada laptop tersebut.

4. Aplikasi yang Memang Bermasalah.
Aplikasi yang sudah terinstal terkadang juga akan mengalami masalah yang membuat anda juga akan mendapatkan masalah pada laptop yang kemudian sering menjadi not responding. Aplikasi bisa saja menjadi aplikasi yang rusak karena berbagai hal, salah satunya adalah aplikasi yang ada pada laptop terpapar oleh virus ataupun ada file program yang hilang. Sehingga, ketika anda coba untuk jalankan akan membuat aplikasi tersebut menjadi terlalu berat dan membuat anda tidak bisa menjalankan aplikasi dengan lancar lagi.

5. Aplikasi yang Dijalankan Terlalu Banyak.
Satu masalah lagi yang juga menjadi penyebab laptop sering not responding adalah aplikasi yang dibuka dalam satu jalan terlalu banyak. Kegiatan multitasking tidak bisa dilakukan untuk semua jenis laptop dan harus melihat juga akan spesifikasi yang memang dimiliki oleh laptop anda. Menjalankan aplikasi bahkan yang berukuran besar secara bersamaan akan membuat RAM terkuras habis sehingga tidak ada ruang lagi untuk menjalankan aplikasi dengan benar. Meskipun memang multitasking bisa meringangkan pekerjaan anda ataupun juga menambah pekerjaan anda menjadi cepat namun jika dipaksakan tentu malah justru akan membuat anda terkendala karena adanya laptop yang sering mengeluarkan dialogue not responding tersebut.

6. Virus dan Malware.
Memang virus dan juga malware menjadi satu masalah yang bisa sangat merusak laptop. Tak terkecuali juga dengan masalah not responding yang mungkin bisa timbul bahkan tidak hanya sekali ataupun dua kali. Penyebab laptop sering not responding ini juga sangat berpengaruh dimana virus atau malware ini bisa menggerogoti satu persatu bagian yang ada pada laptop terutama pada sistemnya. Bahkan ada juga virus yang langsung menghapus bagian-bagian file pada aplikasi yang akan membuat ancaman dan membuat laptop tak bisa berjalan dengan baik lagi.

7. Hardware yang Bermasalah.
Bukan hanya bagian software pada laptop saja yang menjadi penyebab laptop sering not responding. Ada berbagai jenis bagian hardware yang ada pada laptop dan kemudian menjadi penghalang dan membuat laptop menjadi sering untuk not responding. Harddisk, adalah salah satu hardware yang juga sering menganggu laptop untuk menjadi not responding. Harddisk bisa menjadi sangat bermasalah ketika harddisk sudah tidak memiliki ruang yang kosong terlalu banyak sehingga laptop akan mengalami kesusahan dalam me-load file yang ada. Oleh karena itulah, ada baiknya untuk memberikan ruang yang kosong untuk membuat laptop tetap bisa berjalan dengan lancar.

cara mengatasi not responding:
tekan ctrl+alt+delet kemudian klik Cancel, jika masih not responding ulangi langkah tersebut, sebaiknya cara tersebut dilakukan ketika sebuah aplikasi baru saja notresponding jika tetap tidak bisa tutup aplikasi yang netresponding, atau Restart laptop. sekian artikel yang saya buat kali ini semoga bermanfaat:)

0 komentar:

Posting Komentar